KONSEP
BERMAIN
Pengertian
Bermainmerupakankegiatan
yang
dilakukansecarasukarelauntukmemperolehkesenangandanbermainmerupakancerminankemampuanfisik,
intelektual, emosionaldan social.
FungsiBermain
Perkembangansensorimotorik
Perkembangankognitif
Perkembangankreatifitas
Perkembangan social
KesadaranDiri (Self Awareness)
Perkembangan moral
Therapi
Sebagaialatkomunikasi
TujuanBermain
Dapatmelanjutkanpertumbuhandanperkembangan
yang normal
Dapatmengekspresikankeinginan,
perasaandanfantasimelaluipermainan
Dapatmengembangkankratifitasmelaluipengalamanbermain
yang tepat
Dapatberadaptasilebihefektifterhadapstress
karenasakitdandirawat di rumahsakit.
Faktor
yang mempengaruhiBermain
Tahapperkembangan
Status Kesehatan
JenisKelamin
Lingkungan
Alatpermainan yang cocok
KlasifikasiBermain
Menurut Isi
Sosial Play
Sense of
pleasure play
Skill Play
Dramatik Play
MenurutKarakteristikSosial
Solitary Play
Pararel play
Associative
Play
Cooperative
play
Onlocker play
KarakteristikBermainSesuaiTahapPerkembangan
Bayi
Tumbuhkembangpesatàberikanpermainan yang berbedaàbermain yang menonjolà affective play dan sense of pleasure play.
1 bulan
Visual àMelihatjarakjauhàgantungkanbendaygterang
Auditory àBicara/menyanyidenganbayiàmusik, radio,
jam
Tactile àDipeluk/digendong
Kinetic àdiayun,
keretauntujalan-jalan
2 – 3 bulan
Visual àBeriobjekwarnaterang,
bawabayikeruangberbeda, letakkanbayi agar dapatmemandangsekitar
Auditoryàbicaradenganbayi,
berimainan yang berbunyi, ikutsertakandalampertemuankeluarga
TactilàBelaiwaktumandi,
sisirrambutdenganlembut, gosokdengan lotion/bedak, berikanpengurutan.
Kinetic àjalanjalandengankereta,
gerakanberenang
4 – 6 Bulan
Visual àbericermin,
bawanonton TV, berimainanwarnaterang
Auditoryàajakbicara,
ualangisuara yang dibuatnya, panggilnama, remaskertasdekattelinga,
letakkanmainan yang berbunyidekattelinganya.
TactileàBerimainanberbagaiteksturlembut,
kasar, bermain air, masukkandalambakmandisaatmandi.
Kineticàbantu
telungkup, sokongsaatduduk
7
– 9 Bulan
Visual àBerimainanwarnaterang,
bergerak, bunyi yang lebihbesar, bericermin, ciluk baa, Bero bola diikat
AudotoryàPanggilnamanya,
namabagianbagiantubuh, beritahuapa yang andalakukan, ajarkantepuktangan,
beriperintahsederhana.
Tactile àmerababahandenganberbagaitextur,
main air mengalir.
Kinetic àLetakkanbayidilantai,
berdirikanuntukmenahan BB, letakkanmainanagakjauhdansuruhuntukmengambilnya
10
– 12 Bulan
Visual àPerlihatkangambarterang,
bawaketempatberbeda, mis : Super market, kebunbinatang, tunjukkanbangunan yang
agakjauh, bermain bola
Auditory àKenalkansuarabinatangtiruan,
tunjukkanbagiantubuhdansebutkan
TactileàBerimakanan yang
dapatdipegang, kenalkandinginpanas.
Kinetic àberimainan yang
dapatditarikdandidorong
Toddler
Mainan yang
dapatdidorong
Crayon
dankertas
Alatalatmasak
Balokdgnbermacambentuk
Malam/lilin
Gambargambardlmbuku
Boneka/Bola
Telepon
Prasekolah
PeralatanRumahtangga
Bukudengan
kata-kata simpel
Sepedarodatiga
Alat-alatolah
raga
Lilin/Boneka
Kapalterbang,
mobiltruk
UsiaSekolah
6
– 8 Tahun
Kartu - AlatOlah raga
Boneka - Buku-buku
Alat-alatuntukmenulis -
Sepeda
8-12
tahun
Buku
Mengumpulkanperangko
Main Kartu
Olah raga
(Renang, sepeda, sepaturoda, pingpong)
Remaja
Sepak bola
Basket
MendenganMusik
Bulutangkis
Buku
Bermain
di RumahSakit&Keuntunganbermain di RumahSakit
Meningkatkanhubungan P – K di RS
Dapatmengekspresikanperasaantidakenak
Memulihkan rasa mandiripadaanak
Meningkatkanpenguasaanpengalaman
Membinatingkahlaku yang positif
Alatkomunikasi P – K
Kegiatan yang Kreatifuntukanak di RS
Role play
Bercerita
Pantomin
Melukis,
menggambar
Pengalamansensori
Menulisceritatentang
RS
AlatBermainUntuk RS
Bonekasbgkeluarga&staf RS
Kertas
Perlengkapanrumah
Pensil
Baju RS
Block
Alatkedokterandanperawatan
Miniatur RS
PrinsipBermain
di RS
Tidakmembutuhkanenergi
Permainan
simple
Kegiatan yang
singkatwaktunya
Mempertimbangkankeamanan
(luka, infeksisilang)
Kelompokumur
yang sama
Melibatkan
orang tua
Permaianantidakbertentangandenganpengobatan
SemuaalatbermainHarusdapatdicucidandidesinfeksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar