Rabu, 01 Mei 2013

KONSEP BERMAIN


KONSEP BERMAIN
Pengertian
                Bermainmerupakankegiatan yang dilakukansecarasukarelauntukmemperolehkesenangandanbermainmerupakancerminankemampuanfisik, intelektual, emosionaldan social.
FungsiBermain
*       Perkembangansensorimotorik
*       Perkembangankognitif
*       Perkembangankreatifitas
*       Perkembangan social
*       KesadaranDiri (Self Awareness)
*       Perkembangan moral
*       Therapi
*       Sebagaialatkomunikasi
TujuanBermain
*       Dapatmelanjutkanpertumbuhandanperkembangan yang normal
*       Dapatmengekspresikankeinginan, perasaandanfantasimelaluipermainan
*       Dapatmengembangkankratifitasmelaluipengalamanbermain yang tepat
*       Dapatberadaptasilebihefektifterhadapstress karenasakitdandirawat di rumahsakit.
Faktor yang mempengaruhiBermain
*       Tahapperkembangan
*       Status Kesehatan
*       JenisKelamin
*       Lingkungan
*       Alatpermainan yang cocok


KlasifikasiBermain
Menurut Isi
*       Sosial Play
*       Sense of pleasure play
*       Skill Play
*       Dramatik Play
MenurutKarakteristikSosial
*       Solitary Play
*       Pararel play
*       Associative Play
*       Cooperative play
*       Onlocker  play
KarakteristikBermainSesuaiTahapPerkembangan
Bayi
*       Tumbuhkembangpesatàberikanpermainan yang berbedaàbermain yang menonjolà affective play dan sense of pleasure play.
1 bulan
*       Visual àMelihatjarakjauhàgantungkanbendaygterang
*       Auditory àBicara/menyanyidenganbayiàmusik, radio, jam
*       Tactile àDipeluk/digendong
*       Kinetic àdiayun, keretauntujalan-jalan
2 – 3 bulan
*       Visual àBeriobjekwarnaterang, bawabayikeruangberbeda, letakkanbayi agar dapatmemandangsekitar
*       Auditoryàbicaradenganbayi, berimainan yang berbunyi, ikutsertakandalampertemuankeluarga
*       TactilàBelaiwaktumandi, sisirrambutdenganlembut, gosokdengan lotion/bedak, berikanpengurutan.
*       Kinetic àjalanjalandengankereta, gerakanberenang



4 – 6 Bulan
*       Visual àbericermin, bawanonton TV, berimainanwarnaterang
*       Auditoryàajakbicara, ualangisuara yang dibuatnya, panggilnama, remaskertasdekattelinga, letakkanmainan yang berbunyidekattelinganya.
*       TactileàBerimainanberbagaiteksturlembut, kasar, bermain air, masukkandalambakmandisaatmandi.
*       Kineticàbantu telungkup, sokongsaatduduk
7 – 9 Bulan
*       Visual àBerimainanwarnaterang, bergerak, bunyi yang lebihbesar, bericermin, ciluk baa, Bero bola diikat
*       AudotoryàPanggilnamanya, namabagianbagiantubuh, beritahuapa yang andalakukan, ajarkantepuktangan, beriperintahsederhana.
*       Tactile àmerababahandenganberbagaitextur, main air mengalir.
*       Kinetic àLetakkanbayidilantai, berdirikanuntukmenahan BB, letakkanmainanagakjauhdansuruhuntukmengambilnya
10 – 12 Bulan
*       Visual àPerlihatkangambarterang, bawaketempatberbeda, mis : Super market, kebunbinatang, tunjukkanbangunan yang agakjauh, bermain bola
*       Auditory àKenalkansuarabinatangtiruan, tunjukkanbagiantubuhdansebutkan
*       TactileàBerimakanan yang dapatdipegang, kenalkandinginpanas.
*       Kinetic àberimainan yang dapatditarikdandidorong
Toddler
*       Mainan yang dapatdidorong           
*       Crayon dankertas
*       Alatalatmasak                                    
*       Balokdgnbermacambentuk
*       Malam/lilin                                                          
*       Gambargambardlmbuku
*       Boneka/Bola                                                       
*       Telepon
Prasekolah
*       PeralatanRumahtangga    
*       Bukudengan kata-kata simpel
*       Sepedarodatiga                   
*       Alat-alatolah raga
*       Lilin/Boneka                                       
*       Kapalterbang, mobiltruk

                UsiaSekolah
*       6 – 8 Tahun
*       Kartu                                                      -  AlatOlah raga
*       Boneka                                                  -  Buku-buku
*       Alat-alatuntukmenulis       -  Sepeda
*       8-12 tahun
*       Buku
*       Mengumpulkanperangko
*       Main Kartu
*       Olah raga (Renang, sepeda, sepaturoda, pingpong)
                Remaja
*       Sepak bola                           
*       Basket  
*       MendenganMusik
*       Bulutangkis                         
*       Buku
                Bermain di RumahSakit&Keuntunganbermain di RumahSakit
*       Meningkatkanhubungan P – K di RS
*       Dapatmengekspresikanperasaantidakenak
*       Memulihkan rasa mandiripadaanak
*       Meningkatkanpenguasaanpengalaman
*       Membinatingkahlaku yang positif
*       Alatkomunikasi P – K
                Kegiatan yang Kreatifuntukanak di RS
*       Role play                                              
*       Bercerita
*       Pantomin                                             
*       Melukis, menggambar
*       Pengalamansensori            
*       Menulisceritatentang RS
                AlatBermainUntuk RS
*       Bonekasbgkeluarga&staf RS
*       Kertas
*       Perlengkapanrumah          
*       Pensil
*       Baju RS                                                
*       Block
*       Alatkedokterandanperawatan
*       Miniatur RS
PrinsipBermain di RS
*       Tidakmembutuhkanenergi
*       Permainan simple
*       Kegiatan yang singkatwaktunya
*       Mempertimbangkankeamanan (luka, infeksisilang)
*       Kelompokumur yang sama
*       Melibatkan orang tua
*       Permaianantidakbertentangandenganpengobatan
*       SemuaalatbermainHarusdapatdicucidandidesinfeksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar